JANGAN TUNDA KEBAIKAN MU

Apakah kita tau .waktu yang di berikan kepada kita
Suatu hari, saat masih berada di dalam kamar mandi, Abul Hasan Al Busyanji berteriak memanggil muridnya, lalu berkata : "Ambilkan bajuku, dan segera berikan kepada fulan bin fulan ! ".
Si Murid bertanya : "Wahai Syeikh, mengapa Engkau tidak memberikan pakaian itu nanti, setelah engkau keluar dari kamar mandi?".
Syeikh AlBusyanji berkata : "Saat ini dalam hatiku terbetik keinginan untuk memberikan pakaian itu kepada Fulan bin fulan. Jika kutunda sampai aku keluar dari kamar mandi, aku khawatir niat baikku ini akan berubah".

Catatan : "Berapa sering kita gagal melakukan perbuatan baik, hanya karena menundanya.
Ketahuilah, waktu yg kita miliki hanyalah saat ini. Sedangkan nanti, kita tidak pernah tau, apakah yg akan terjadi kepada kita. Bisa jadi kita tidak akan memiliki waktu yg luang, jatuh sakit, menjadi miskin, menjadi tua, dan lemah. Selain itu, hati kita juga sering sekali berubah ubah.

Terkadang kita memiliki niat utk bersedekah, namun saat melihat org yg akan kita sedekahi berlaku kurang sopan, hati kita segera berubah, lalu mengurungkan sedekah yang telah kita niatkan.

Sahabat Anas bin Malik Ra, seringkali mendengar Rosululloh SAW berdo'a :
" Yaa MuQollibal Quluubi Tsabbit Qolbiy 'Alaa Diinik ".
Artinya : "Wahai Tuhan yang Maha membolak balikkan hati, teguhkanlah hatiku dalam agama-Mu".

Demi menyelematkan niat baiknya, Abul Hasan Al Busyanji dalam kisah di atas, tidak mau menunggu hingga keluar dari kamar mandi. Padahal jika di pikir2, berapa lama sih kita berada dikamar mandi?.
Kita tidak pernah tau, apa yg akan terjadi pada diri kita dalam detik berikutnya. Oleh karena itu, jgnlah suka menunda2 amal sholeh.

Ada beberapa Amal yg tidak boleh kita tunda2 pelaksanaannya, Rosululloh SAW bersabda kepada Imam Ali Ra : "Yaa Ali ! Ada 3 hal yg jangan kau tunda pelaksanaannya. 1.Sholat, jika telah tiba waktunya. 2.Menguburkan jenazah, jika telah siap. 3.Segera nikahkan anak gadismu jika engkau telah mendapatkan seorg yg kufu (sepadan) utknya.(HR. Tirmidzi).

layanan Informasi dan konsultasi
Whastapp: +62818530449

terima kasih sudah menunjungi blog kami

0 komentar:

Apa Yang di cari

Entri yang Diunggulkan

baner bintang sejati

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

pengunjung